Bupati Gowa Ekspose System Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan di UNM

Menindaklanjuti Kerjasama UNM-Pemkab Gowa tentang Pendidikan Akta IV Bagi PNS Menjadi Guru, terkait pengalihan Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) beberapa waktu yang lalu, kini H. Ichsan Yasin Limpo, S.H., M.H., melakukan Ekspose System Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan pada 6/2/12 di ruang rapat senat Guru Besar lantai tiga Rektorat UNM. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Rektor UNM Prof. Dr. H. Arismunandar., M.Pd., Pembantu Rektor, Kepala Dinas Kab. Gowa, Kapolres Kab. Gowa, Komandan Kodam, dan Majelis Guru Besar.
Sistem Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan akan meningkatkan system pelayanan pendidikan dengan mengoptimalkan semua komponen pembelajaran mulai dari kompetensi guru, potensi peserta didik, metode, media, sarana, sumber belajar, hasil belajar siswa, dan system manajemen sekolah efektif. Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan (automatic promotion) adalah proses pembelajaran yang berusaha membimbing peserta didik dalam menuntaskan semua kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran secara berkelanjutan dengan menggunakan beragam metode pembelajaran. Sistem pembelajaran ini memperkenalkan istilah tuntas atau belum tuntas, dan tidak mengenal tinggal kelas. Tuntas dimaknai sebgaia penguasaan peserta didik atas sejumlah kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.

Prof. Dr. H. Arismunandar., M.Pd., mengawali sambutan mengatakan bahwa pihak UNM merespon dengan baik kedatangan Bupati Gowa, Ichsan YL yang merupakan salah satu Bupati di Sulsel yang telah banyak melakukan inovasi-inovasi. Selain itu, terjalinnya kerjasama dalam berbagai program peningkatan kulaifikasi pendidik dan tenaga pendidik antara UNM-Gowa sangatlah penting. Sistem Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan akan memperkuat program Pemda Gowa. Bupati Gowa sebagai alumni Sisitem Kelas Berkelanjutan telah mengahsilkan orang-orang hebat, seperti Ichsan YL.

Sementara Bupati Gowa, Ichsan YL, berbahagia atas pertemuan tersebut yang akan mendiskusikan lebih jauh tentang Sistem Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan dengan para majelis Guru besar UNM. Pada kesempatan tersebut, Ichsan akan memberikan informasi terkait program yang diharapkan akan dikembangkan tidak saja di Kabupaten Gowa, tetapi menasional, di seluruh Indonesia. Olehnya itu, diskusi dengan guru besar di UNM akan menyempurnakan langkah-langkah Ichsan dalam pencapaian program tersebut.
“Sistem Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan adalah tanggung jawab yang besar untuk kita bersama, awalnya hanya digadang dalam konsep pendidikan dasar, tetapi setelah berdiskusi dengan Rektor UNM, beliau menyarankan agar bisa dikembangkan hingga perguruan tinggi”, urai Ichsan.

Sumber (Tiwi-Humas UNM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s