Kepemimpinan Kelompok

Artikel berfokus pada pengaruh dari pemimpin kelompok – sebagai pribadi dan sebagai seorang profesional – pada proses kelompok. Setelah membahas karakteristik pribadi pemimpin yang efektif, saya menganalisis keterampilan dan teknik yang diperlukan untuk kepemimpinan yang sukses dan fungsi-fungsi tertentu dan peran pemimpin kelompok. Bab ini akan memberikan informasi yang cukup penting tentang topik yang memungkinkan Anda mendapatkan manfaat sepenuhnya dari pembahasan dalam tiga bab berikutnya, yang berurusan dengan etika praktek kelompok dan tahap-tahap dalam pengembangan kelompok. Topik yang dibahas di sini juga merupakan suatu pendahuluan penting untuk bab teori dalam bagian dua

Pemimpin Kelompok sebagai seorang Pribadi
Teknik konseling kelompok tidak dapat dipisahkan dari karakteristik pribadi dan perilaku pemimpin. Jadi, saya tidak setuju dengan mereka yang atribut keberhasilan atau kegagalan dari kelompok terutama dengan karakteristik peserta atau dengan teknik-teknik khusus yang digunakan untuk bergerak mendapatkan kelompok. Variabel penting ini tidak diragukan lagi, tetapi dengan sendirinya mereka tidak menentukan hasil dari kelompok.
Pemimpin kelompok dapat menanyakan pengetahuan teoretis dan praktis ekstensif dinamika kelompok dan menjadi prosedur diagnostik dan teknis keterampilan namun tidak efektif dalam merangsang pertumbuhan dan perubahan dalam anggota kelompok mereka. Para pemimpin membawa setiap kelompok kekualitas pribadi, nilai, dan pengalaman hidup. mereka. Untuk mendorong pertumbuhan dalam kehidupan anggota, pemimpin perlu hidup yang berorientasi pada pertumbuhan hidup. Untuk membina jujur diri penyelidikan pada orang lain, pemimpin kelompok harus memiliki keberanian untuk terlibat dalam penilaian diri. Jika mereka berharap dapat menginspirasi orang lain untuk melepaskan diri dari apa yang ada, pemimpin harus bersedia untuk mencari sendiri pengalaman baru. Singkatnya, arah kelompok yang paling efektif ditemukan dalam jenis kehidupan anggota kelompok melihat yang pemimpin tunjukkan dan tidak dalam kata-kata yang mereka dengar dan pemimpin katakan.
Saya tidak menyiratkan bahwa pemimpin kelompok merupakan aktualisasi diri makhluk yang telah berhasil mengerjakan seluruh masalah mereka. Masalahnya bukan apakah para pemimpin memiliki masalah pribadi tetapi apakah mereka bersedia untuk membuat upaya serius untuk hidup dengan cara mereka mendorong anggota untuk hidup. Lebih penting daripada menjadi produk jadi adalah kemauan untuk terus melihat diri sendiri untuk melihat apakah hidup seseorang mencerminkan hidup yang memberi nilai. kunci sukses sebagai pemimpin kelompok adalah komitmen terhadap perjuangan tidak pernah berakhir untuk menjadi lebih efektif sebagai manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s