Fasilitator Pengembang Karakter Mahasiswa UNM Angkatan 2014

Ketua Panitia bersama Rektor UNM, PR III UNM pada Pembukaan CDt Mahasiswa UNM 2014
Ketua Panitia bersama Rektor UNM, PR III UNM pada Pembukaan CDt Mahasiswa UNM 2014

Hari itu tepat tanggal 25 November 2014 sebanyak sekitar 120 mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar angkatan 2014 berkumpul di gedung phinisi UNM LT 3 Wing C menjalani pembukaan Pelatihan Pengembangan Karakter (CDt). Kegiatan CDt ini akan berlangsung selama empat Pekan di Gedung Menara Pinisi Lantai 2 Wing C. Antusiasme peserta nampak penasaran ketika awal pembukaan pelatihan dibuka langsung oleh Rektor, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd. yang didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Heri Tahir, SH.MH. pak Rektor UNM dalam sambutannya memesankan berbagai karakter yang harus di miliki mahasiswa seperti : kemampuan belajar, berbahasa dan kemampuan menulis. Untuk berhasil dan sukses belajar sampai keluar negeri harus dimiliki tool tersebut diantaranya bahasa asing atau bahasa inggris, ungkapnya. Hal ini mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang hadir di ruang tersebut. Mahasiswa tersebut dilatih berbagai macam materi, terutama yang berkaitan dengan bagaimana mengembangkan diri. Materi Self Awereness menjadi daya tarik dan minat tersendiri bagi mahasiswa yang menjadi peserta, terutama ketika narasumber Prof. Jufri,  Dr. Farida Aryani, M.Pd., dan Dr. Asniar Khumas, terlibat secara langsung bermain peran dan melakukan games dengan peserta. Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan materi bagaimana mengembangkan karakter ditengah kondisi dewasa ini, belajar aktif, efektif, hingga bagaimana mengenali dan mengelola konflik. Mahasiswa dilatih dengan menggunakan strategi belajar aktif melalui diskusi, bermain peran, games, sampai dengan lembar kerja dan penugasan. Peserta pelatihan tersebut dibekali oleh Tim Pengembang Karakter Universitas Negeri Makassar.

Salah satu tujuan utama dari kegiatan CDt UNM ini adalah untuk mengembangkan potensi atau karakter mahasiswa sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 pekan, untuk gelombang pertama 25-26 nov 2014 gelombang kedua 1-2 des 2014, gelombang ketiga 8-9 Des 2014 dan pekan keempat 15-16 Des 2014.

Selama tergabung menjadi Fasilitator kegiatan, banyak hal yang menarik dari kegiatan ini. Berada di antara narasumber yang hebat dan memotivasi mahasiswa hingga mampu berubah karakternya, baik sikap, prilaku dan kebiasaannya selama menjadi mahasiswa. “salam CDT- salam prestasi” sebuah ungkapat penyemangat yang menandai kegiatan ini adalah ajang dan momem mempersiapkan mahasiswa UNM untuk dapat berprestasi di masa yang akan datang.

Penutupan kegiatan CDt 2014 ditandai dengan dialog Kemahasiswaan tanggal 17

Narasumber menyampaikan materi pada CDt Mahasiswa UNM 2014
Narasumber menyampaikan materi pada CDt Mahasiswa UNM 2014

Desember 014 di gedung teater phinisi UNM lt 3. Dengan narasumber AM Iqbal (anggota DPD RI), Prof Dr Hasnawi Haris, Prof Sofyan Salam dan Prof Dr Jufri.M.Si. dihadiri seluruh alumni CDt angkatan 2014 yaitu sebanyak 520 orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s